Beberapa Penyebab Munculnya Bibir Sumbing

bibir sumbing sangat populer di telinga orang-orang biasa, dan tetap menjadi masalah besar di Indonesia. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, bibir sumbing dan lelangit menjadi penyumbang terbesar kelima populasi anak-anak cacat di Indonesia.

Bahkan, masih banyak orang yang tidak tahu apa yang menyebabkan bibir sumbing dan lelangit. Meskipun disebutkan dalam www.solusitinggiku.com Riskesdas 2013, sekitar 2 dari 1.000 bayi yang lahir berisiko mengalami anomali tersebut setiap tahun.

fisik dan rehabilitasi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr Luh Karunia Wahyuni, SpKFR (K) dokter menjelaskan, penyebab bibir sumbing dan lelangit ini disebabkan beberapa faktor.

Menurut Dr Luh, penyebab bibir sumbing ditentukan selama kehamilan. "Selalu ada periode perkembangan pada saat itu, sehingga ada infeksi di salah satu proses yang memicu kemudian bibir sumbing" katanya saat ditemui di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana.

Dikutip dari buku berjudul 'Bibir dan Lelangit Sumbing' yang ditulis oleh tim dokter RS ​​Cipto Mangunkusumo, celah itu juga menjadi tanpa pandang bulu disebabkan konsumsi obat-obatan, alkohol, merokok, atau kekurangan gizi dan nutrisi selama kehamilan.

Untuk itu, Dr. Luh dianjurkan bila wanita hamil sakit dan perlu mengambil obat, obat harus berasal dari resep dan tidak diperbolehkan untuk membeli obat sia-sia.

"Dokter akan memberikan dokter kandungan harus diperhitungkan berapa tahun usia kehamilan, ada gangguan atau kelainan, obat ini berlaku untuk tujuan apa," tambahnya.

Tidak sedikit, Dr. Luh mengharuskan setiap wanita hamil memperhatikan gizi seimbang. Selain itu, konten juga diawasi oleh dokter kandungan juga memastikan bahwa janin akan berlangsung seperti yang diharapkan.

Komentar

Postingan Populer